Akankah Tren Sehat ‘Plogging’ Menyebar Hingga ke Indonesia?

Swedia tidak hanya terkenal karena coklat maupun pemandangan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga karena tren sehat yang akhir-akhir ini mulai digemari banyak warga di Eropa. Saat ini, bisa dikatakan jika Swedia menawarkan sesuatu yang lebih sehat untuk gaya hidup yang lebih seimbang sepanjang tahun dengan tren yang diberi nama ‘Plogging’. Kira-kira, tren sehat seperti apakah Plogging itu?

Tren Sehat Polgging yang Memikat

Kombinasi kata-kata dari Swedia untuk kata ‘run’ (lari) dan “pick up” (memungut), merupakan inti kegiatan dari plogging.Plogging membuat pelakunya untuk memungut sampah selama berlari.Hal ini tentu tidak hanya menjadi olahraga Bandar Togel HK baru yang bagus untuk kesehatan Anda, melainkan juga untuk kebersihan dan kesehatan lingkungan.Tren plogging ini terlihat cukup melelahkan, padahal sangat mengasyikkan.

Ya, meskipun telah populer selama beberapa tahun di Swedia, saat ini plogging dengan cepat menyebar ke negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris, Jerman, dan Prancis, dan bahkan sampai ke Meksiko dan India.Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini, Anda bisa menemukan sebuah postingan Instagram yang menyebut dirinya sebagai “ploggers” dan disertai dengan hashtag, #plogging.

Kenaikan popularitas plogging memang disambut baik oleh pecinta olahraga khususnya olahraga lari.Hal ini mungkin tidak mengherankan jika dikaitkan dengan meningkatnya kekhawatiran seputar isu lingkungan seperti perubahan iklim, polusi udara, dan lebih khusus terkait dengan perambahan, penggunaan dan limbah plastik tingkat global.Ini semacam memunculkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Baik Untuk Kesehatan dan Lingkungan

Meskipun beberapa orang mungkin tidak menyukai ide untuk berhenti dan kembali berlari selama beberapa kali sepanjang dia berlari, – karena ploggers akan memutuskan untuk mengambil sampah terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk berlari kembali -, pada kenyataannya ini akan mengubah ritme lari Anda menjadi bentuk latihan interval, yang sudah terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kebugaran fisik sekaligus untuk membakar lemak khususnya mereka yang mengalami masalah kelebihan berat badan.

Ini juga cara yang baik bagi pemula untuk memulai olahraga berlari, karena Anda dapat beristirahat dan berlari kembali dengan jarak lebih pendek atau jarak yang lebih nyaman sampai kembali memiliki energi untuk berlari lagi. Jongkok ke bawah dan membungkuk untuk mengambil barang (sampah) juga akan menguntungkan pelari dari semua tingkatan, membantu untuk bekerja dengan kelompok otot yang berbeda dan memperluas jangkauan gerak.Ini sangat bagus.

Dan tidak seperti bentuk lari lainnya, seperti latihan lari jarak jauh, plogging mungkin lebih efektif lagi dilakukan dengan teman. Lebih banyak tangan tidak hanya akan meringankan pekerjaan memungut sampah atau dapat mengambil lebih banyak sampah lagi, namun plogging bersama kelompok juga akan menambahkan elemen sosial ke dalam latihan lari Anda dimana hal ini dapat membantu Anda tetap termotivasi.

Jika Anda tidak tahu untuk menemukan orang yang tertarik dengan plogging, ada banyak kelompok sekarang bermunculan di kota-kota besar seperti Paris dan Edinburgh, yang mendorong pelari baik yang sudah tua maupun yang masih pemula untuk lari, menuju ke alam bebas dan untuk menjelajahi kota. Bukan tidak mungkin jika tren ini akan menjalar ke ibukota Jakarta.

Semoga berita ini dapat menginsprasi banyak warga di kota-kota besar di Indonesia khususnya di Jakarta untuk hidup lebih sehat dan lebih menjaga lingkungan yang tentu saja semua ini akanbisa dinikmati lebih lama bila banyak tempat yang sudah terbebas dari sampah. Generasi berikutnya juga akan turut merasakan manfaat yang besar dari aksi plogging ini.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*