Terungkap, Harga iPhone X di Indonesia Adalah Yang Termahal?

Sebagai perusahaan gawai high-end, Apple memang sudah memiliki penggemar fanatik yang akan selalu menanti produk Togel hk terbaru mereka. Salah satu produk andalan Apple adalah ponsel pintar dengan brand iPhone. Di akhir tahun 2017 ini, Apple meluncurkan tiga produk HP langsung yakni iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang dipastikan beredar di pasar Indonesia sejak 22 Desember 2017.

 

Setelah menanti, Rabu (20/12), Erajaya akhirnya membeberkan harga untuk trio iPhone itu. Dilaporkan jika iPhone X memiliki dua macam harga yaitu Rp 18 juta (versi 64 GB) dan Rp 21 juta (versi 256 GB). Sementara itu, dua produk lainnya yakni iPhone 8 memiliki kisaran harga Rp 12,6 juta (versi 64 GB) dan Rp 15,4 juta (versi 256 GB). Yang terakhir, iPhone 8 Plus berkisar antara Rp 14,5 juta (versi 64 GB) dan Rp 17,2 juta (versi 256 GB).

 

Harga iPhone X dan iPhone 8 di Indonesia ini jauh lebih tinggi daripada yang dijual di Amerika Serikat. Karena di negeri Paman Sam, iPhone X dijual dengan harga USD 999 (sekitar Rp 13,2 juta) untuk versi 64 GB. Bahkan dibandingkan dengan negara-negara tetangga, harga trio iPhone di Tanah Air pun jauh lebih tinggi. Sekedar informasi, iPhone X di Singapura dijual Rp 16,2 juta, di Hong Kong dengan Rp 14,6 juta dan di Australia menyentuh Rp 16,7 juta.

 

Perbedaan iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

 

Dari ketiga produk baru iPhone ini, Apple memang memberikan pembaharuan dari sisi desain hingga spesifikasinya. Salah satu yang paling menonjol adalah iPhone X dengan desain paling mutakhir dan dibekali dengan layar OLED Super Retina HD Display, nyaris tanpa bezel, tanpa tombol Home dan punya ukuran besar mencapai 5,8 inci.

 

Hanya ada tiga tombol fisik di iPhone X yaitu tombol pengaturan volume dan tombol on/off di tepi kanan bodi serta tombol khusus pemanggil Siri di tepi kiri bodi. Sementara untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, masih memiliki desain bodi serupa duo iPhone 7. Perubahan yang muncul hanyalah pada hal spesifikasi yakni memakai chipset A11 Bionic, RAM 3 GB, iOS 11, pilihan memori 64 GB atau 256 GB dan kemampuan wireless charging.

 

Sebetulnya iPhone X Cuma Senilai Lima Juta Rupiah?

 

Meskipun harga yang dipatok sangatlah luar biasa, bagi seorang penggemar iPhone, mereka tentu tidak masalah jika harus mengeluarkan belasan juta rupiah. Namun tahukah anda, konon katanya iPhone X ini dijual tiga kali lebih mahal dibandingkan harga produksinya. Dan rupanya analis dari TechInsights yang membongkar tiap komponen iPhone X dan memperoleh harga total sekitar USD 357,5 (Rp 4,8 jutaan).

 

Sementara itu harga komponen iPhone 8 dan 8 Plus dinilai lebih rendah daripada iPhone X. Menurut analis teknologi IHS Markit, kedua iPhone seri 8 itu memiliki nilai total komponen USD 288,8 (sekitar Rp 3,8 juta). Beberapa harga komponen iPhone X yang lebih mahal seperti layar bezel less 5,8 inci seharga USD 65,5 (sekitar Rp 884 ribu) dan pelapis stainless steel sekitar USD 36 (Rp 486 ribuan).

 

Kendati harga produksi iPhone X lebih tinggi, margin penjualannya disinyalir lebih besar daripada iPhone seri 8. Jika iPhone X, Apple mendapatkan margin 64% dan untuk kedua seri iPhone 8, Apple mendapatkan margin sekitar 59%.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*